Lokasi & Jam Buka Makam Gus Dur

gapura makam gus dur

Informasi seputar lokasi dan jam buka terbaru makam Gus Dur, bisa Anda temukan di sini.
Tentu bagi sebagian masyarakat muslim, ziarah kubur adalah sebuah tradisi atau kegiatan religius dengan mengunjungi makam para tokoh agama, aktivitas ziarah kubur biasa dilakukan oleh sebagian pemeluk agama Islam dengan tujuan untuk mengenang, menghormati hingga mendoakannya, bukan meminta ke orang yang sudah meninggal.

Profil Gus Dur

KH. Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur, adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah politik dan intelektual Indonesia. Lahir pada tanggal 7 September 1940 di Jombang – Jawa Timur, beliau merupakan putra dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU), yakni Kiai Hasyim Asy’ari. Gus Dur tidak hanya dikenal sebagai pemimpin spiritual NU, tetapi juga sebagai Presiden Indonesia ke-4 yang menjabat dari tahun 1999 hingga 2001.

Gus Dur tumbuh dalam lingkungan keluarga yang kaya akan tradisi intelektual dan agamis. Pendidikan awal Gus Dur dipengaruhi oleh KH Hasyum Asy’ari (ayahnya) dan lingkungan pesantren. Ia kemudian melanjutkan studinya di luar negeri, mengenyam pendidikan di Mesir dan Amerika Serikat.

Salah satu hal yang membuat Gus Dur dikenal adalah pemikirannya yang pluralis dan toleran terhadap perbedaan agama dan budaya. Ia berpendapat bahwa Indonesia adalah negara dengan masyarakat multikultural yang membutuhkan pendekatan yang inklusif terhadap berbagai kelompok agama dan etnis. Pandangan ini tergambar dalam semangat dialog antaragama yang ia bangun selama kepemimpinannya.

Gus Dur meninggal dunia pada hari Rabu, 30 Desember 2009 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, akibat penyakit komplikasi yang telah lama diderita oleh beliau.

Cari layanan aqiqah syariah di Jombang? hubungi kami di 0812-4960-3969

Lokasi Makam Gus Dur

Makam Gus Dur terletak di kawasan Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang – Jawa Timur, sebuah lembaga pendidikan Islam yang didirikan oleh Kiai Hasyim Asy’ari, ayah dari Gus Dur. Pesantren ini memiliki sejarah panjang dalam mengembangkan pendidikan Islam yang inklusif dan mempromosikan nilai-nilai keberagaman. Pesantren Tebu Ireng juga menjadi tempat di mana Gus Dur pernah mengajar dan berinteraksi dengan santri-santri serta masyarakat sekitar.

Untuk lebih mudahnya Anda bisa menemukan lokasi makam Gus Dur melalui Google Maps di sini atau menggunakan pencarian dengan kata kunci Pondok Pesantren Tebu Ireng, Anda akan diarahkan menuju lokasi makam Gus Dur yang berada di kawasan Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang.

Rute Ke Lokasi Makam Gus Dur via Kereta Api

Apabila Anda ingin menuju ke makam Gus Dur menggunakan moda transportasi Kereta Api, Anda bisa menuju di stasiun Jombang. Jarak antara makam dan stasiun berada di sekitaran 7 – 10KM jauhnya, namun dari sini kami sarankan Anda untuk menggunakan moda transportasi ojek online (Grab / Gojek) agar lebih mudah dan cepat untuk menuju lokasi makam.

Berikut urutannya:

  • Naik kereta tujuan Stasiun Jombang
  • Naik ojek online (Grab / Gojek) tujuan Makam Gus Dur atau Pondok Pesantren Tebu Ireng (estimasi Rp 10-15ribu)
  • Selesai.

Rute Ke Lokasi Makam Gus Dur via Bis

Apabila Anda dari Surabaya, Anda bisa menggunakan bis jurusan Jombang, pastikan untuk menanyakan ke sopir atau kernet untuk tujuan Jombang, karena ada beberapa trayek bis jurusan Nganjuk, Madiun, Jogja yang via Tol.

Ada beberapa bis yang melewati area pondok pesantren tebu ireng, seperti contoh Bis Bagong tujuan Jombang – Malang dsb. Untuk keberangkatan dari Surabaya, Anda perlu memastikan kembali karena ada trayek bis yang turun di exit Tol Jombang, langsung Kediri.

Sama seperti menggunakan transportasi kereta api, Anda perlu turun di perempatan kota jombang sebelum stasiun Jombang dan melanjutkan perjalanan ke Lokasi Makam menggunakan moda transportasi Ojek Online baik Grab / Gojek, adapun jarak antara stasiun Jombang dan lokasi makam berkisar antara 7-10 Kilometer.

Jam Buka Makam Gus Dur

Makam Gus Dur dibuka setiap hari untuk ziarah dan kunjungan. Karena lokasi makam yang berada di dalam kawasan pesantren, maka akses ke makam akan ditutup di jam aktifitas santri seperti tutup saat adanya Sholat Jama’ah di Pondok, dan untuk malam akan dibuka sekitar pukul 20:30 (jam selesai sholat isya dan mengaji santri) – selesai.

 

Hari Jam
Senin 08:00 – 15:00, 20:00 – 03:00
Selasa 08:00 – 15:00, 20:00 – 03:00
Rabu 08:00 – 15:00, 20:00 – 03:00
Kamis 08:00 – 15:00, 20:00 – 03:00
Jum’at 08:00 – 11:00, 13:00 – 15:00, 20:00 – 03:00
Sabtu 08:00 – 15:00, 20:00 – 03:00
Minggu 08:00 – 15:00, 20:00 – 03:00

Jam buka dapat berubah sewaktu-waktu, informasi jam buka makam Gus Dur akan kami update secara berkala jika ada perubahan terbaru.

Selain itu, jika Anda kesana dan ternyata masih belum buka, Anda bisa menunggu di sekitaran lokasi sambil berjalan-jalan di area Pondok Pesantren keluarga Tebu Ireng ataupun membeli jajanan di UKM sekitar.

 

aqiqah adalah